Seni Grafis - Payung Paten

Seni Grafis

Inilah Pengertian dan Contoh Seni Grafis yang Diminati

Seni grafis sudah sangat umum di masyarakat. Pada umumnya, seni graphis memiliki latar belakang seperti membuat pola, lukisan, dan lain sebagainya. Berikut kita bahas secara tuntas pengertian dan contoh seni grafis.

Seni grafis merupakan suatu karya seni yang melakukan teknik cetak di atas kain, kertas, karton, dan media-media lainnya. Ada banyak teknik yang bisa digunakan dalam mencetak seni graphis . Contohnya seperti cetak saring, cetak dalam, cetak datar, dan cetak tinggi.

Contoh Seni graphis

Dalam seni graphis media seni bisa dimulai dari bahan tradisional hingga bahan kontemporer atau modern. Bahan-bahan seni graphis yaitu tinta yang dicampur ke dalam air, tinta minyak, cat air, pastel minyak, dan crayon. Tinta tersebut akan dicampurkan ke lembaran pelat dan ditukar ke permukaan kertas.

Pelat yang bisa dipakai misalnya adalah batu kapur, logam, papan kayu, kaca akrilik, linoleum dan bahan-bahan lainnya. Selain itu juga bisa menyalin tinta ke kain yang biasa disebut sebagai  cetak sablon. Caranya dengan direntangkan ke screen.

Contoh seni graphis bisa dilihat dari teknik-teknik percetakannya. Teknik percetakan seperti cetak saring, cetak dalam, cetak datar, dan cetak tinggi. Berikut teknik cetak dan juga contoh seni graphis .

  • Teknik Cetak Saring (silkscreen)
    Cetak saring adalah cara cetak yang menggunakan media tinta yang dikeluarkan dari screen dan akan menghasilkan gambar yang diinginkan. Contoh bahan kain yang dapat di cetak saring atau sablon adalah kaos, jaket, kulit imitasi, karung dan lain sebagainya.
  • Cetak Dalam (Intaglio)
    Cetak dalam adalah teknik cetak yang memanfaatkan pelat logam sebagai medianya. Pelat logam diukur menggunakan burin atau alat ukur khusus yang mempunyai ciri-ciri ujung runcing dan sangat tajam.
  • Cetak Datar (Lithography)
    Cetak datar adalah salah satu teknik yang melakukan proses cetaknya menggunakan batu kapur.
  • Cetak Tinggi (Cetak Relief)
    Teknik ini adalah salah satu contoh seni grafis yang mencetak gambar di kertas dengan memanfaatkan gambar timbul dari cetakan. Gambar tersebut akan membentuk gambar yang cantik. 

Itulah contoh seni graphis yang harus diketahui dan dipelajari oleh seniman maupun calon seniman. Dan untuk membuat karya seni jangan lupa untuk selalu menghargai karya seni. Salah satu cara menghargainya yaitu dengan mencantumkan hak cipta/paten dan kami merekomendasikan payungpaten.com untuk menghargai karya kalian.

baca juga : patenmarekhak ciptadesain industrirahasia dagang indikasi geografis dan dtslt,

Kunjungi Beberapa Website ini untuk menambah referensi bacaan anda DGIPPELAYANAN PUBLIKKEMENKUMHAMPENGADUAN KEKAYAAN INTELEKTUAL

Kanwil Surabaya

WhatsApp chat